7 Cara Mudah Instal Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk (TERLENGKAP)

Cara Instal Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk- Dahulu kita hanya tahu bahwa  menginstal windows hanya dapat menggunakan DVD, CD-R, CD-RW, dll. Itu untuk jaman dahulu, untuk sekarang kita dapat menginstal windows hanya menggunakan flashdisk dan sebuah program aplikasi.Pada artikel kali ini kami akan membahas bagamiana cara instal windows 10 menggunakan flashdisk.
Berikut persiapan dan cara instal :

1. Apa aja sih yang dibutuhkan?

Tentunya untuk menginstal windows kali ini harus menggunakan hardware, yaitu flashdisk (min 4GB).Kedua adalah aplikasi Rufus, atau sejenisnya.

2. Selain itu apa?

Yang paling penting jangan lupa download windows 10 nya. Sesuaikan dengan system type PC milik kalian mungkin 32-bit atau 64-bit.
Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah cara instalasinya.


  1. Jalankan aplikasi rufus, “Browse” file ISO windows 10 yang tadi di download,lalu setting seperti gambar ini.
    Pastikan sebelum klik start, flashdisk sudah dalam keadaan kosong dan sudah diformat.
    Jika sudah, klik start, tunggu prosesnya sekitar 10-20  menit.
  2. Sekarang tancapkan(colokkan) flashdisk tersebut ke PC yang ingin di instal windows 10.
    Sebelum instal, Setting dahulu BIOS agar dapat mendeteksi flashdisknya.Cara settingnya cukup menekan tombol DEL atau F2 atau semacamnya(beda PC beda tombol) saat PC dihidupkan. Lalu ubah Boot device priority menjadi USB HDD/Flashdisk.lalu save settingannya.
  3. Jika sudah benar, maka PC dapat mendeteksi settingan bootable USB yang berisi windows 10. Akan muncul tampilan seperti ini, Klik Next.
  4. Selanjutnya, Klik instal now.
  5. Anda akan diberi 2 pilihan. Karena disini untuk menginstal windows 10 dari awal, maka pilih Custom : Install Windows only(advanced).
  6. Selanjutnya adalah pemilihan partisi Hardisk, jika kamu tidak ingin membuat partisi, silahkan langsung klik tombol Next. Atau jika ingin membuat partisi baru, semisal Local Disk D atau Local Disk E, klik tombol New, lalu tentukan sizenya.
  7. Lalu tunggu hingga proses selesai.

ini adalah bagian yang paling lama, silahkan tunggu 20 - 60 menit, biasanya ditengah jalan Windows akan melakukan Restart dengan sendirinya. PERHATIAN: Harap cabut Flashdisk kamu ketika Proses "Getting files ready for installation" telah selesai atau mencapai 100%.
*Hal ini dimaksudkan agar ketika Restart, Komputer tidak melakukan Booting dari awal lagi.

Lalu setelah itu, setting semuanya sesuai keinginan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mudah Instal Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk (TERLENGKAP)"

Post a Comment